A. Gereja tetap menjaga kesalehan dengan cara berdoa dan menutup mata terhadap kehidupan sekitar
B. Gereja senantiasa hanya berfokus pada masalah-masalah internal Gereja
C. Gereja berperan serta secara aktif dalam membangun kerajaan Allah di dunia supaya dunia lebih manusiawi dan layak dihuni
D. Gereja berperan serta secara aktif dalam mendukung tindakan merusakkan alam
E. Gereja berperan serta secara aktif dalam mengembangkan tindakan kejahatan kemanusiaan
2. Pandangan Gereja tentang dunia sebagaimana yang tercantum dalam Gaudium et Spes artikel dua, adalah ...
A. Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya
B. Dunia itu penuh dosa
C. Dunia itu cenderung jahat, berbahaya dan tidak termasuk lingkup keselamatan manusia
D. Dunia merupakan halangan bagi manusia untuk mencapai keselamatan
E. Jika orang mengasihi dunia maka kasih akan Bapa tidak ada dalam diri orang itu
3. Misi atau tugas Gereja dalam dunia adalah ...
A. Menyebarkan agama Nasrani
B. Mewartakan Kerajaan Allah kepada mereka yang beragama kristen
C. Memberitakan Kabar Gembira (Kerajaan Allah) yang relevan kepada dunia yang majemuk
D. Mempromosikan pandangan bahwa di luar Gereja tidak ada keselamatan
E. Membantu aparat penegak hukum guna menangkap para pencuri
4. Perhatikan data berikut:
Bentuk-bentuk usaha gereja untuk ikut serta membangun dunia ditunjukkan oleh nomor ...
- Meyakinkan manusia bahwa semua usaha yang sesuai dengan kehendak Tuhan mempunyai nilai yang tinggi
- Mendorong setiap kemajuan ilmiah yang secara positif mengusahakan tercapainya tujuan akhir manusia
- Mencatat masalah-masalah manusia sebagai masalah yang mendesak
- Mensosialisasikan ajaran sosial Gereja untuk meningkatkan harga diri
- Aktif ke gereja setiap hari Minggu untuk mendapat pujian dan dinilai saleh
- Siap berperang melawan setiap bentuk kekerasan dengan kekerasan
A. 1, 3, 5
B. 2, 4, 6
C. 3, 4, 6
D. 1, 2, 3
E. 2, 3, 4
5. Tanggapan Gereja terhadap fenomena atau persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia dalam bentuk himbauan, kritik atau dukungan adalah pengertian dari ...
A. Katekismus Gereja Katolik
B. Dokumen Konsili Vatikan II
C. Ajaran Sosial Gereja
D. Kitab Hukum Kanonik
E. Gaudium et Spes
6. Revolusi industri; kemiskinan yang hebat pada kaum pekerja/buruh; tiadanya perlindungan pekerja oleh otoritas publik dan pemilik modal; jurang kaya miskin yang luar biasa, merupakan konteks zaman yang mendorong paus Leo XII mengeluarkan ensiklik yang bernama ...
A. Quadragesimo Anno (tahun keempat puluh)
B. Rerum Novarum (Kondisi kerja)
C. Mater Et Magistra (Ibu dan Pengajaran)
D. Pacem in Terris (Damai di Bumi)
E. Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-Bangsa)
7. Perkembangan bangsa manusia zaman ini; kesulitan-kesulitan yang dihadapi; kerjasama antarbangsa-bangsa; dukungan organisasi internasional, seperti badan-badan dunia yang mengurus bantuan keuangan dan pangan; kemajuan diperlukan bagi perdamaian, adalah tema-tema pokok yang termuat dalam ensiklik dari paus Paulus VI. Nama ensikilik tersebut adalah ...
A. Quadragesimo Anno (tahun keempat puluh)
B. Rerum Novarum (Kondisi kerja)
C. Mater Et Magistra (Ibu dan Pengajaran)
D. Pacem in Terris (Damai di Bumi)
E. Populorum Progressio (Kemajuan Bangsa-Bangsa)
8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
Pokok-pokok penting ajaran sosial Gereja Katolik ditunjukkan oleh nomor ..
- Kesucian hidup manusia dan martabat pribadi harus dijunjung tinggi melebihi benda-benda dan harus dijaga sejak dikandung ibunya
- Panggilan untuk membentuk Keluarga Allah di tengah masyarakat yang melibatkan semua warga
- Hak azasi manusia selalu berdasar pada dan demi martabat pribadi manusia
- Preferential option for the poor and vulnerable (selalu mendahulukan orang yang miskin dan tanpa pembela) termasuk anak dalam kandungan, orang cacat, orang jompo, orang dalam sakrat maut, dsb
- Tidak menunjukkan kesediaan untuk membela para koruptor
- Menghakimi orang lain secara sewenang-wenang
A. 4, 5, 6
B. 2, 4, 6
C. 3, 5, 6
D. 1, 2, 3
E. 1, 3, 5
9. Ajaran Sosial Gereja Katolik kurang bergema dalam kehidupan nyata, karena ...
A. Orang-orang Katolik sendiri belum melaksanakannya secara maksimal
B. Orang-orang Katolik cenderung bergumul dalam hal politik
C. Orang-orang Katolik telah setia melaksanakannya dalam kehidupan keluarga
D. Orang-orang Katolik sudah melaksanakannya dalam kehidupan bermasyarakat
E. Orang-orang Katolik telah menunjukkan kesetiakawanan sosial
10. Penampilan Gereja di Indonesia lebih merupakan penampilan ibadat daripada penampilan gerakan sosial. Seandainya ada penampilan sosial, hal itu tidak merupakan penampilan utama. Penampilan sosial yang ada sampai sekarang merupakan penampilan ...
A. Sosial karitatif
B. Sosial budaya
C. Sosial ekonomi
D. Sosio politik
E. Pertahanan dan keamanan
11. “Semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan”. Pernyataan di atas merupakan bunyi salah satu pasal dalam Piagam PBB Tentang Hak Asasi Manusia (HAM) (Dideklarasikan pada tanggal 10 Desember 1948 di Paris), yaitu ...
A. Pasal 5
B. Pasal 4
C. Pasal 3
D. Pasal 2
E. Pasal 1
12. Salah satu contoh pelanggaran HAM dalam bidang politik adalah ...
A. Memberikan kebebasan bagi segenap warga negara untuk berserikat dan berkumpul
B. Melakukan kegiatan makar atau perebutan kekuasaan
C. Membatasi orang untuk mengemukakan pendapat secara bertanggungjawab
D. Memberikan kebebasan berekspresi secara bertanggungjawab bagi segenap warga
E. Memberikan kesempatan kepada segenap warga
13. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka memperjuangkan HAM di lingkungan masyarakat, adalah ...
A. Membawa orang sakit ke rumah sakit
B. Menghibur para janda dan dudah
C. Membela kelompok masyarakat yang tertindas
D. Melakukan pengusiran terhadap para pendatang
E. Membatasi orang untuk melaksanakan ibadah sesuai keyakinan
14. Sebab terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia, antara lain ...
A. Struktur kemasyarakatan yang diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan dan uang
B. Masyarakat lebih mengutamakan adat istiadat
C. Masyarakat selalu mementingkan ajaran agama secara pragmatis
D. Struktur masyarakat diciptakan oleh segelintir orang yang merasa paling benar
E. Struktur masyarakat dikuasai oleh para koruptor
15. Bacalah injil Mat 23: 2-4 berikut ini:
Pesan yang dapat diambil dari teks Kitab Suci di atas adalah ..Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya” (Mat 23: 2-4)
A. Yesus selalu berpihak kepada para penguasa
B. Yesus berani mengkritik para penguasa agama yang tidak menjalankan ajaran agamanya
C. Yesus selalu memuji para penguasa walaupun mereka tidak melaksanakan ajaran agamanya secara benar
D. Yesus mencibir masyarakat kecil yang hanya ingin diperintah
E. Yesus mengajak masyarakat kecil untuk mengadakan pemberontakan
16. Dalam usaha memperjuangkan keadilan, kaum beriman dapat memperoleh pedoman dan dukungan dari ...
A. Ajaran Sosial Gereja
B. Para pemimpin agama
C. Para tokoh politik
D. Budayawan
E. Sejarahwan
17. Bacalah pernyataan berikut ini secara cermat!
Situasi di mana hak-hak perempuan dilecehkan. Budaya patriarkhi dihayati sebagai peluang untuk tidak atau kurang memperhitungkan peranan perempuan. Kultur pria atau budaya maskulin sangat dominan dan kebangkitan wanita dianggap aneh dan mengada-ada. Perkosaan terhadap hak perempuan dilakukan secara terpola dan sistematis.”Dimensi kekerasan berdasarkan pernyataan di atas dikategorikan sebagai ...
A. Kekerasan militer
B. Kekerasan kultural
C. Kekerasan etnis
D. Kekerasan gender
E. Kekerasan politik
18. Bacalah Injil Luk 6: 27-29 berikut ini:
Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu (Luk 6: 27-29).Pesan yang bisa didapatkan dari teks Kitab Suci di atas adalah ...
A. Yesus mengajak kita untuk mengembangkan budaya kasih
B. Yesus mengajak kita untuk balas dendam
C. Yesus mengajak kita untuk tidak mendoakan musuh kita
D. Yesus mengajak kita untuk menampar orang yang berbuat salah kepada kita
E. Yesus mengajak kita untuk mengutuki musuh-musuh kita
19. Contoh tindakan yang memperlihatkan kasih kepada musuh adalah ...
A. Balas dendam
B. Memperhitungkan kesalahan orang musuh
C. Mendoakan musuh
D. Membiarkan musuh untuk terus memusuhi kita
E. Memperlakukan musuh sebagaimana dia memperlakukan kita
20. Mengembangkan budaya kasih untuk melawan budaya kekerasan memang tidak mudah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita merasa betapa sulitnya untuk berbuat baik dan mencintai orang yang membuat kita sakit hati. Contoh sikap kasih yang perlu dibiasakan untuk mengakhiri balas dendam, adalah ...
A. Menghindari musuh
B. Berani menghadapi musuh walau nyawa menjadi taruhannya
C. Mengampuni musuh
D. Mengajak musuh untuk meninggalkan kita
E. Membiarkan musuh bertindak sesuka hati
21. Tahun ini, tanah pertanian dan perumahan warga Majalengka Jawa Barat dan Kulonprogo Yogyakarta digusur secara paksa untuk proyek bandara. Petani yang melakukan protes ketika haknya dilanggar juga mengalami kekerasan dan terancam masuk bui. (diringkas dari Kompas.com, 4 Desember 2017).
Penyebab yang mendasar pelanggaran HAM dalam kasus di atas adalah …
A. Struktur masyarakat yang diciptakan oleh penguasa
B. Sikap egois yang terlalu mementingkan diri sendiri
C. Rendahnya kesadaran HAM dan sikap tidak toleran
D. Pembangunan ekonomi yang tidak berpihak kepada rakyat kecil
E. Struktur masyarakat tidak adil yang diciptakan oleh kaum penguasa
22. Salah satu tema kunci dalam pembahasan Ajaran Sosial Gereja adalah keberpihakan terhadap orang miskin dan lemah (option for the poor). Tindakan yang bisa dilakukan oleh anggota Gereja berhubungan dengan keberpihakan terhadap kaum miskin dan lemah adalah …
A. Menghimbau orang lain untuk memberi bantuan
B. Melaporkan kepada Dinas Sosial tentang orang miskin
C. Memberikan bantuan material untuk anak panti asuhan
D. Mendata keluarga prasejahtera atau berkekurangan
E. Menasihati orang yang miskin dan lemah
23. Perhatikan hak-hak asasi manusia di bawah ini!
Yang termasuk hak-hak sipil dan politik seorang manusia dari pernyataan di atas ditunjukkan oleh nomor
- Hak atas jaminan waktu sakit dan di hari tua
- Hak kebebasan hati nurani dan agama
- Hak membentuk keluarga dan hak atas kerja
- Hak kebebasan menyatakan pendapat
- Hak atas kesamaan di depan hukum
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
24. Salah satu contoh usaha memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kehidupan masyarakat adalah ...
A. Mengadakan berbagi pelatihan keterampilan
B. Mengadakan aneka kegiatan mimbar seperti kotbah
C. Katekese tentang makna Hak Asasi Manusia
D. Membiarkan korban ketidakadilan HAM
E. Bertindak adil terhadap sesama manusia.
25. Salah satu usaha Gereja dalam menegakkan hak asasi manusia adalah…..
A. Mengadakan berbagai pelatihan keterampilan bagi orang muda
B. Memperbanyak katekese tentang makna kerja bagi manusia
C. Mengadakan aneka kegiatan mimbar seperti kotbah dan seminar
D. Mendesak dihapusnya diskriminasi hak dalam segala bentuknya
E. Bertindak adil terhadap korban ketidakadilan HAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar